Selamat Datang Di Pesisir Teluk Palabuhanratu

Laporan Pengamanan Liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014

Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan bagi keselamatan wisatawan dikawasan / objek wisata pantai, maka BALAWISTA Palabuhanratu pada liburan Natal dan Tahun Baru 2014 yang lalu telah melakukan upaya penanganan keselamatan diantaranya dengan melakukan penanganan pelayanan yang bersifat “Khusus” agar para wisatawan
merasa nyaman serta aman saat melakukan aktivitas disepanjang objek wisata pantai..

Oleh sebab itu, BALAWISTA Palabuhanratu membangun komunikasi serta koordinasi dengan berbagai pihak berupa mensinergiskan pola penanganan keselamatan menjadi lebih terpokus dan optimal sehingga tumbuh persepsi yang sama terhadap pentingnya pariwisata Palabuhanratu yang Aman dan Nyaman sebagai Kawasan Wisata Unggulan di Jawa Barat.

MAKSUD DAN TUJUAN 
Maksud perubahan dari tugas Rutin ke tugas “Khusus” yang dikelola BALAWISTA Palabuhanratu dalam penanganan keselamatan wisatawan merupakan bentuk tanggung jawab BALAWISTA Palabuhanratu dalam mendukung program Operasi Lilin Lodaya 2013-2014 Kepolisian Resor Sukabumi, serta dukungan bagi pengembangan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi khususnya dalam memperkuat program pembangunan destinasi wisata pantai menjadi salah satu potensi wisata unggulan Kabupaten Sukabumi
Adapun tujuan dari pelaksanaan tugas “Khusus” adalah dalam rangka mengoptimalkan penanganan bagi keselamatan wisatawan bersama-sama dengan pelaksana keamanan lainnya di Bawah Kendali Operasi ( BKO ) Kepolisian Resor Sukabumi, dengan harapan dapat meminimalisir kecelakaan tenggelam terutama yang akan berdampak terhadap keselamatan para wisatawan selama beraktivias di pantai.

Sasaran dari penanganan kegiatan “Khusus” pada liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014, yaitu untuk memberikan penguatan dalam membangun komitmen dengan berbagai pihak, sehingga dalam program penanganan “khusus” ini BALAWISTA Palabuhanratu menjadi bagian dari tim penanganan keselamatan wisatawan di Bawah Kendali Operasi POLRES Sukabumi, dengan harapan pola penanganan tersebut akan memberikan dampak positif terhadap program Pengembangan Destinasi Pariwisata diKabupaten Sukabumi khususnya di Palabuhanratu.
  1. POLA PENANGANAN KEGIATAN KHUSUS NATAL 2013 & TAHUN BARU 2014
  1. Manajemen Pengelolaan Kegiatan
Manajemen pengelolaan operasional serta administrasi tugas “Khusus” yang dilakukan BALAWISTA Palabuhanratu mengacu kepada SOP Preventif sebagaimana tugas dan fungsi Life Guard / Pemandu Keselamatan Wisatawan dalam penanganan keselamatan wisatawan di objek wisata air terutama yang memiliki resiko kecelakaan tinggi sesuai SK. Dirjen Pariwisata No.Kep-02/K/VIII/1991.

Tahapan - tahapan kegiatan penanganan tugas “Khusus” yang dilaksanakan BALAWISTA Palabuhanratu antara lain :
    1. Menyusun Perencanaan Kegiatan
      Rapat tingkat Pengurus Persiapan Penanganan Kegiatan Khusus ( tanggal 05 Desember 2013 )

    1. Penyampaian Laporan Rencana Kesiapan Kegiatan tugas Rutin ketugas “Khusus”
Penyerahan Laporan Persiapan Kegiatan Tugas Khusus kepada pihak pihak terkait (20 Desember 2013)

    1. Pelaksanaan Kegiatan
      Tanggal 25 – 31 Desember 2013 & 01 – 05 Januari 2014 mulai pukul 07.00 sd 17.00 WIB.
    1. Monitoring Kegiatan
  1. Inspection Area
  2. Beach Patrol
  3. Pemeriksaan data POS-POS Pelayanan dan Pengawasan BALAWISTA Palabuhanratu
    1. Evaluasi dan Verifikasi Data Kecelakaan pada POS BALAWISTA Palabuhanratu
  1. Monitoring ke POS-POS Pelayanan dan Pengawasan ( 14 Pos dan 2 Pos Pembantu)
  2. Pencatatan kegiatan dimasing-masing Pos Pelayanan dan Pengawasan termasuk data kecelakaan
    1. Penyampaian Laporan Akhir Kegiatan “Khusus”
  1. Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan tugas “Khusus” berlangsung selama 12 (dua belas) hari kerja yang terkonsentrasi mulai tanggal 25 – 31 Desember 2013 dan 01 – 05 Januari 2014, kondisi kawasan / objek wisata pantai padat, relatif aman dan terkendali dan rata-rata pengunjung yang melakukan aktivitas dipantai diperkirakan sebanyak + 282.000 orang mulai pantai Minajaya Surade, pantai Ujung Genteng dan pantai Karangsari Palabuhanratu hingga pantai Cibangban Cisolok (sepanjang 22 km / luas pengawasan).

Kejadian kecelakaan tenggelam tercatat sebanyak 7 kasus kejadian kecelakaan tenggelam yang seluruhnya terselamatkan atau terjadi penurunan sebesar 53.8.% bila dibandingkan dengan kejadian liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 yang lalu, serta dalam penanganan keselamatan wisatawan pada liburan Natal dan Tahun Baru 2014 target Zero Accident TIDAK TERCAPAI ( 1 orang korban tenggelam meninggal dipantai Citepus tanggal 01 Januari 2014)
  1. PERMASALAHAN DAN KENDALA YANG TERJADI DILAPANGAN
Permasalahan dilapangan dalam melakukan penanganan keselamatan wisatawan terkendala pada sarana dan prasarana keselamatan yang dimiliki BALAWISTA Palabuhanratu, terutama dengan adanya pengembangan dan pembangunan destinasi pantai berdampak terhadap luasnya cakupan pengawasan yang tidak dibarengi dengan sarana keselamatan yang memadai.

Semoga ditahun yang akan datang kebutuhan sarana kesematan bagi pos pos pelayanan dan pengawasan dapat terpenuhi secara bertahap melalui bantuan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.
  1. PENUTUP
Demikian pokok-pokok laporan kegiatan penanganan keselamatan “Khusus” yang telah dilaksanakan BALAWISTA Palabuhanratu

Adapun jumlah wisatawan hasil pantauan serta pendataan pengurus di 14 Pos Pelayanan dan Pengawasan dan 2 Pos Pembantu BALAWISTA Palabuhanratu terhitung tanggal 25 Desember 2013 hingga tanggal 05 Januari 2014 terutama yang melakukan aktivitas dipantai sebanyak + 282.000 orang atau ada penurunan sebesar 53.8% dibandingkan liburan yang sama pada tahun 2013 yang lalu, hal ini akibat :
  1. Kondisi cuaca (musim hujan merata diberbagai daerah) wisatawan cenderung memilih tempat wisata yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggal;
  1. Terbangunnya persepsi “bahwa” kawasan wisata Palabuhanratu dan sekitarnya cenderung “Macet” berdasarkan pengalaman liburan Hari Raya Idul Fitri;
  1. Masih melekatnya stigma “Rabu Wekasan” di kelompok masyarakat tertentu;
  1. Adanya Isu yang dikembangkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, tentang akan adanya Sweeping oleh pihak Ormas tertentu;
  1. Kurangnya sarana INFORMASI / Promosi kaitan Pariwisata Palabuhanratu;
(berdasarkan informasi / keterangan beberapa wisatawan yang diwawancarai secara acak,-2014)
Secara keseluruhan penanganan keselamtan pada liburan tahun ini relative aman dan terkendali dengan jumlah kecelakaan terjadi sebanyak 7 kasus kecelakaan walaupun masih adanya korban jiwa meninggal.
Selanjutnya kami menyampaikan ucapan TERIMAKASIH yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang secara bersama sama dalam melakukan penanganan keselamatan wisatawan disepanjang kawasan wisata pantai Teluk Palabuhanratu.


Cikakak, 06 Januari 2014
Penanggung jawab



YANYAN NURYANTO
Sekretaris BALAWISTA Palabuhanratu

 






0 Responses